Berada di posisi kepemimpinan dapat tampak sangat menarik pada awalnya – pikirkan semua kekuatan yang Anda miliki tepat di ujung jari Anda! Namun seiring dengan kekuasaan, muncul tanggung jawab besar, tanggung jawab yang dengan cepat tampak luar biasa. Dengan meluangkan waktu untuk mempelajari sifat-sifat pemimpin yang efektif dan adil, Anda akan memberikan layanan yang baik bagi perusahaan Anda.

Karyawan Anda tidak memiliki kemampuan untuk membaca pikiran Anda. Gunakan ketepatan dalam komunikasi Anda dan biarkan orang mengajukan pertanyaan tindak lanjut tentang tugas. Jika mereka tidak memahami instruksi yang Anda berikan, mereka tidak perlu ragu untuk datang kepada Anda untuk meminta bantuan.

Jika menyangkut masalah uang, pandanglah jauh ke depan, jika memungkinkan. Semua orang ingin menunjukkan laba kuartalan, tetapi jika Anda meningkatkan penghasilan jangka pendek dengan memangkas staf dan bahan-bahan yang dibutuhkan staf untuk menyelesaikan pekerjaan mereka, Anda dan perusahaan Anda pada akhirnya akan menjadi orang bijak dan sangat bodoh.

Jika Anda meluncurkan proses bisnis baru, latih karyawan Anda secara efektif. Proses bisnis baru itu mungkin terlihat mengkilap di atas kertas, tetapi jika bawahan Anda menerima pelatihan yang tidak mencukupi, atau lebih buruk, itu pasti akan membuat Anda kehilangan uang. Ada beberapa cara untuk membuat pelatihan relatif tidak menyakitkan, jadi lakukan riset Anda.

Tidak efektif menjadi seorang pemimpin jika Anda tidak dapat memberikan contoh yang baik untuk orang lain. Anda tidak bisa duduk diam memberikan perintah dan mengharapkan orang untuk mengikuti jika mereka tidak menghormati Anda. Cara terbaik untuk mendapatkan rasa hormat adalah menjadi panutan yang positif bagi orang lain.

Untuk membantu karyawan Anda mencapai sasaran, tetapkan sasaran bulanan dan tahunan. Sasaran ini akan membantu memacu karyawan Anda dan membantu mereka mengetahui apa harapan Anda. Dengan memahami harapan Anda, karyawan Anda akan tetap pada tugas dan berusaha untuk mencapai tujuan. Sasaran bulanan harus mudah dicapai dengan kerja keras.

Menjadi seorang pemimpin berarti mengambil tindakan. Tidak masalah berapa banyak ide bagus yang Anda miliki jika yang mereka lakukan hanyalah mengambil ruang di kepala Anda. Kembangkan sebuah rencana dan laksanakan ide Anda dalam tindakan. Fokus pada hasil yang ingin Anda capai dan fokuskan energi Anda untuk mewujudkannya.

Kelilingi diri Anda dengan orang-orang pintar. Para pemimpin terbaik di luar sana semua tahu satu hal: ketika Anda memiliki orang-orang terbaik, Anda akan meninggikan segalanya. Jangan berpikir Anda harus menjadi orang terpintar di perusahaan. Jauh dari itu. Anda harus menjadi visioner yang melihat kebesaran. Gunakan itu dan temukan kolega terbaik untuk mengelilingi diri Anda.

Bersiaplah untuk konflik dan cobalah menanganinya sebelum lepas kendali. Mengabaikan konflik akan memperburuk masalah dan membuat Anda terlihat terlalu lemah untuk menanganinya. Mempraktikkan keterampilan komunikasi yang baik dengan karyawan Anda akan membantu mereka merasa lebih dihargai bahkan jika mereka tidak setuju dengan keputusan tertentu.

Ingatlah bahwa Anda bukan seseorang yang sempurna. Bahkan sebagai seorang pemimpin, Anda masih memiliki hal-hal yang dapat Anda pelajari, dan Anda tidak memiliki semua kecerdasan di perusahaan atau organisasi Anda. Tetaplah rendah hati untuk menyadari bahwa Anda masih akan membutuhkan bantuan sekarang dan nanti, dan orang-orang yang Anda pimpin akan sangat menghargai Anda.

Selalu ingat bahwa ada hubungan terbalik antara apa yang ada di pikiran Anda dan produktivitas pribadi Anda saat ini. Jika ada sesuatu di pikiran Anda, tuliskan. Jika perlu, kerjakan sekarang. Jika dapat menunggu atau tidak dapat membantu saat ini juga, atur kertas ke samping dan mulai mengerjakan sesuatu yang dapat Anda lakukan sekarang.

Anda mungkin merasa ingin memulai setiap hari atau bergeser dengan pidato yang memotivasi, tetapi ini bisa menjadi cepat bagi kru Anda dengan cepat. Sebenarnya, taktik semacam itu terlalu dibesar-besarkan. Dampak terbesar yang Anda buat dalam hal personel adalah siapa yang Anda pekerjakan, yang dipecat, dan siapa yang ditugaskan di proyek-proyek besar.

Selalu jelas. Tidak masalah seberapa baik pekerja Anda jika Anda tidak mengomunikasikan ide-ide Anda secara efisien. Pastikan untuk menjelaskan tujuan Anda dan tenggat waktu apa pun yang perlu dicapai. Pastikan bahwa pekerja Anda memahami apa yang Anda harapkan dari mereka, dan siap menjawab pertanyaan apa pun yang mungkin mereka miliki.

Bawa pulang poin Anda dengan pendekatan komunikasi yang seimbang. Hindari menggunakan bahasa yang menipu atau terlalu rumit, tetapi jangan mengabaikan kekuatan metafora atau analogi yang dipilih dengan cermat. Saat menggunakan bahasa teknis, Anda menarik bagi kecerdasan tim. Analogi dan metafora, di sisi lain, menarik imajinasi dan aspirasi tim.

Pemimpin dapat benar-benar membuat atau menghancurkan perusahaan. Anda memiliki tanggung jawab seumur hidup untuk belajar sebanyak mungkin tentang apa artinya menjadi pemimpin yang sukses. Lanjutkan pendidikan Anda dan lakukan segala daya Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang kacang-kacangan dan baut kepemimpinan yang efektif dan dinamis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *